UPTD KEBAKATAN OLAHRAGA SUMBAR HANYA TERIMA 21 ATLET DARI 8 CABOR

PADANG, DS...Dari ratusan orang yang ikut seleksi penerimaan  atlet di UPTD Kebakatan Olahraga ( KBOR ) Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, tahun ajaran 2019- 2020, hanya menerima 21 siswa/ atlet dari 8 cabang olahraga (Cabor).

“Adapun delapan Cabor tersebut antara lain sepakbola, atletik, taekwondo, sepaktakraw, gulat, pencaksilat, panahan dan tinju,” kata kepala UPTD Kebakatan Olahraga Dispora Sumbar Drs Rafli Efendi, Selasa (2/7/2019).

Lebih lanjut Rafli mengatakan, hasil seleksi masing- masing cabor yang dilaksanakan 28 Mei hingga 1 Juli itu yakni, atletik 1 orang, taekkwondo 2 orang, sepaktakraw 6 orang dan gulat 3 orang. Kemudian, pencaksilat 6 orang, panahan 1 orang, sepakbola 1 orang, dan tinju 1 orang, dengan  total sebanyak 21 orang.

Kemudian, siswa yang merupakan atlet binaan yang lama sebanyak 133 orang, jadi total anak binaan di PPLP Sumbar sebanyak 154 orang.

Sedangkan, atlet yang mengikuti pembinaan di PPLP ini terdiri dari 12 cabor. Empat cabor lagi terdiri dari balap sepeda, senam, karate dan judo. Di mana perekrutan keempat cabor ini berdasarkan pemantauan dari kabupaten dan kota. Sehingga, UPTD yang mengapresiasi sekali lagkah yang dilakukan kabupaten dan kota dalam pembinaan bibit-bibit atlet atlet olahraga di daerahnya.

“Jika tidak ada pembinaan yang dilakukan kabupaten dan kota tentunya kita cukup kesulitan dalam melakukan perekrutan bibit -bibit baru yang akan dibina nantinya,” ujar Rafli.

Rafli juga menegaskan, dalam pembinaan para atlet-atlet, PPLP menerapkan sistem degradasi dan promosi. Jika nanti, salah seorang atlet binaan mentok dari sisi prestasi olahraga maupun akademik, maka si anak akan dikembalikan kepada daerah atau orang tuanya.

‘’ jika si siswa/ atlet mentok prestasi olahraganya, walupun prestasi akademisnya bagus, si anak terancam dikembalikan. Begitu juga sebaliknya, bagus prestasi akademisnya, walaupun pretasi olahraganya bagus maka juga terancam dikembalikan ke daerah atau orang tuanya ( Mul )

Share Berita :