SUMBAR DUDUKI 3 BESAR NASIONAL PORNAS SOINA VIII 2018

PADANG, SP... Kontingen Sumatera Barat berhasil menduduki peringkat tiga besar Nasional pada Pekan Olahraga Nasional ( Pornas ) Special Olimpics Indonesia ( SOIna ) VIII Tahun  2018 di Pekanbaru ( Riau ) dengan torehan 36 medali, terdiri dari 15 Emas, 11 Perak dan 10 Perunggu.

Sementara juara umum digondol  juara bertahan tuan rumah Pekanbaru Riau dengan mengoleksi 52 medali, 18 Emas, 17 Perak dan 17 Perunggu, di susul peringkat dua diraih DKI Jakarta dengan mengumpulkan 41 medali yang terdiri dari 17 emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Kemudian peringkat empat ditempati Jawa Barat dengan catatan 38 medali terdiri dari 13 Emas, 13 Perak dan 12 Perunggu, serta peringkat lima ditempati Jawa Tengah dengan meraih 31 medali yang terdiri dari 11 Emas, 9 Perak dan 11 Perunggu.

Ketua Kontingen Tuah Sakato, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Kadispora ) Sumbar, Adib Alfikri yang turun lansung di lokasi pertandingan sangat mengapresiasi perjuangan yang ditampilkan para tim kontingen Sumbar, sehingga prestasi yang diraih dapat melebihi target yang diusung.

“Kita sangat mengapresiasi kerja keras tim yang terlibat dalam kontingen Soina Sumbar, sehingga peringkat 3 Nasional mampu diraih pada iven empat Tahunan bagi atlet berkebutuhan khusus ini, pada Pornas VIII SOIna 2018," ujar Adib Alfikri kepada wartawan, Senin ( 23/ 7 ) di Padang.

Dikatakan juga, bahwa prestasi yang diraih merupakan hasil kerja keras semua pihak terutama atlet, pendamping dan para pelatih.

‘’ Terima kasih atas kerja keras semua pihak, terutama atlet, pendamping dan para pelatih, kontingen Soina Sumbar, tanpa kerja keras, kerja sama serta doa masyarakat Sumbar  mustahil prestasi akan dapat kita raih,’ ungkap Adib.

Sedangkan Kepala Bidang Olahraga Dispora Sumbar, Rasydi Sumetry dalam laporannya menerangkan, 36 medali yang diraih kontingen Sumbar masing- masing disumbangkan Cabor renang kategori law ability atas nama Rey Febrian Emas 25 m gaya bebas putra, Atikah maharani Emas 25 m gaya bebas putri, kategori high ability, Meliana Ratih Emas 100 m dan 50 m gaya bebas putri, Refel Andre Emas 100 m dan 50 m gaya bebas putra, Nadila Emas 50 m gaya dada putri, Dika Putra Perak 50 m gaya dada putra dan Perunggu 50 m gaya bebas putra.

Kemudian cabor bocee ketegori low ability Sumbar meraih 2 Emas, 1 Perak dan 1 Perunggu yang dipersembahkan oleh, Asmi Emas tunggal putra, Sarah Fadila Emas tunggal Putri, Rasyid Syidiq Perak tunggal putra dan Dwi Nanda Larassati Perunggu tunggal putri,” ujar Rasydi.

Dia menambahkan, cabor bola voli juga mempersembahkan Emas beregu putra, boling dan basket masing-masing mempersembahkan Perak, boling dipersembahkan oleh Jesrial di tunggal putra dan basket beregu putra.

Dilanjutkannya, cabor atletik Sumbar juga berhasil meraih Perak dan Perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Puja Olivia Rahmi lari 100 m putri sementara Perunggu di raih oleh Zulfadli di lari 100 m putra.

“ Alhamdulillah ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi kontingen Sumbar, karena pada iven sebelumnya di makassar Sumbar tidak masuk di 10 besar nasional,” terang Rasydi Sumetry. (Mul)     

 


 

 

Share Berita :