79 ATLET SILAT BERLAGA DIPORDIDA 2019

PADANG,SP...Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Bustavidia membuka secara langsung Pekan Olahraga Beladiri Daerah (Pordida) Cabor Silat yang diikuti 79 atlet dari berbagai kabupaten dan kota se-Sumatera Barat yang dilaksanakan di SMK 1 Muhammadiyah Padang, Selasa (27/8/2019).

 

Dalam sambutanya Kadispora Sumbar, Bustavidia mengatakan silek merupakan jati diri orang Minang, karena bela ini yang banyak dimintai masyarkat Indonesia sendiri. Kemudian, kehadiran silat ini merupakan yang dinaungi IPSI sejak 71 tahun yang lalu.”Dan Silek ini juga menjadi bela diri kebanggaan Rang Minang, karena juga disebut sebut asal muasal lahirnya pencak silat,” ujar Bustavidia.

 

Dia menambahkan, diharapkan atlet yang bertanding hendaknya yang dimajukan merupakan atlet yang benar benar terbaik. Sebab, kalau tidak akan menyulitkan ketika akan dikirim ke tingkat nasional. Hal ini sudah menjadi pengalaman beberapa waktu lalu, bukan atlet yang terbaik ke nasional, akhirnya juga terkendala di arena nasional tersebut.

 

Ketua Harian IPSI Sumbar Rahmat Wartira mengatakan, silat diekplorasi sejak 1940 an silam. Dan bangga silat menjadi olahraga tuan rumah di negeri sendiri. Silat sudah mulai dicintai di negeri sendiri, sampai ke nasional bahkan hingga ke internasional. “Dengan diterima sebagai olahraga di level dunia,” ujar Rahmat Wartira.

 

Sementara itu Ketua Pelaksana, Maswar Kasi Olahraga Prestasi dan Tenaga Keolahragaan dalam laporanya mengatakan. Pekan Olahraga Beladiri Daerah (Pordida) ini dilaksanakan tiga Cabor, yakni karate, kurash dsn pencak silat.

 

“Cabor karate dan kurash sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Sedangkan cabor pencak silat dilaksanakan yang terakhir. Sementara selain pencak silat juga dilaksanakan Open Turnamen Tapak suci yang melibatkan sekitar 420 atlet dan pencak silat melibatkan sebanyak 92 atlet,” ujar Maswar.

 

Tujuan dilaksanakan Pordida Pencak Silat ini untuk menjaring bakat bakat potensial atlet pencak silat untuk dibina di tingkat Sumbar. Dan Pordida dilaksanakan 27 – 30 Agustus.

 

Dasar pelaksanaan kegiatan ini merupakan amanah UU 3/2095, Tentang sistem keolahragaan. Kemudian, yang menjadi juara pada kegiatan diganjar hadiah juara I Rp4 juta, juara II Rp3 juta dan juara III Rp2 juta.

 

Pordida diikuti kabuapaten dsn kota yang terdiri dari, Tanahdatar, Payakumbuh, Sawahlunto, Kota Solok, Solsel, Pasaman, Kota Padang, Limapuluh Kota, Sijunjung, Dharmasraya, Agam, Bukittinggi, Kota Pariaman, Kabupaten Solok dan Pessel. ( Mul )

 

 

Share Berita :