ATLET UPTD KBOR SUMBAR JALANI TES PISIK

PADANG, DS... Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar melalui UPTD Kebakatan Olahraga ( KBOR ) laksanakan kegiatan tes pengukuran fisik bagi atlet, 20 sampai 21 Desember di komplek KBOR Sumatera Barat Jalan By Paas Sungai Sapih Padang.

 

Kadispora Sumbar, Bustavidia dalam arahannya menyampaikan, tes fisik berkala sangat penting untuk mengontrol kondisi fisik atlet yang telah menjalani latihan dengan program performa dalam tiap tingkat selama dalam pemusatan latihan pelajar Sumatera Barat .

 

“Kondisi fisik atlet akan terus dikontrol sambil kita juga mempersiapkan pelatih yang mendampingi atlet menjalani latihan selama di KBOR Sumbar. Itu dilakukan ketika atlet berlatih pagi dan sore,” kata Kadispora.

Materi tes fisik untuk setiap cabang olahraga menurutnya berbeda-beda. Secara garis besar, tes fisik dilakukan untuk mengetahui level ketahanan tubuh, dan kekuat­an sejumlah bagian tubuh tergantung pada jenis cabang olahraga.

“Hasil tes fisik ini yang akan menjadi dasar dalam penyusunan program latihan yang disebut additional exercise program. Itu akan menggenjot kondisi fisik atlet yang berada di KBOR Sumbar hingga mereka tamat nanti. Program itu disusun bersama dengan pelatih cabang olahraga,” ujar Bustavidia.

Panitia pelaksana Kepala  Seksi Pendidikan dan Latihan UPTD KBOR Sumbar Rudi Calces  melaporkan, tes pisik ini merupakan program kerja Dispora melalui UPTD KBOR Sumbar tahun 2019, dalam rangka pembinaan dan peningkatan Sentra keolahragaan Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa tes pengukuran pisik ini diikuti oleh semua atlet yang berada di KBOR Sumbar. Adapun pengukuran yang dijalani para atlet ada dua komponen, pertama pengukuran Antrophometri, yang terdiri dari: tinggi badan, berat badan, Indeks masa tubuh, dan panjang tungkai.

Kemudian lanjutnya, komponen kedua Tes pisik, terdiri dari, tes sit and reach, tes lari 20 meter, tes standing broad jump, tes sit up ( 2 menit ), tes lari 300 meter, shuttle run, tes pus ap ( 1 menit ), tes Balke/ Beep test, Power endurance tungkai ( 10 Hop ) , ‘’ terang Calces. ( Mul )

 

Share Berita :