34 PEMUDA IKUTI SELEKSI PROGRAM PPAN 2021

PADANG, DP....34 pemuda yang lolos tes administrasi, ikuti seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara ( PPAN ) Tahun 2021, Selasa 6/ 4 / 2021, di Aula DPD KNPI Provinsi Sumatera Barat komplek Gor Haji Agus Salim Padang.

 

Kegiatan Kementrian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda tersebut, dibuka secara resmi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, Bustavidia.

 

Turut hadir Kabid Pemuda Dispora Sumbar, Dewita Murni, Kabid Olahraga, Rasydi Sumetry, ketua Purna Caraka Muda Indonesia ( PCMI ) Sumbar, Hendri Ilyas dan undangan lainnya.  

 

Dalam sambutannya Kadispora menyampaikan, pemuda merupakan komponen penting yang menentukan perjalanan dan penerus cita-cita kemerdekaan bangsa, karena itu pemerintah gencar mengirim pemuda pemudi terbaik ke luar negri melalui berbagai program, salah satunya PPAN,’’ katanya.

 

Lebih lanjut disampaikan, selain sebagai media membentuk pemuda Indonesia yang berwawasan global, program PPAN juga sebagai jembatan diplomasi jangka panjang yang menghubungkan Indonesia dengan negara- negara mitra pertukaran, ‘’ urainya.

 

“ kita berharap wakil- wakil Sumbar yang diutus nanti merupakan pemuda- pemudi pilihan yang di hasilkan dari seleksi hari ini, untuk itu peserta agar dapat menjalani seleksi dengan maksimal untuk menjadi yang terbaik nanti, dan pastinya peserta yang terpilih nanti merupakan hasil dari kemampuan sendiri, bukan dari bantuan pihak lain,’’ tutur Bustavidia.

 

Diingatkan  juga, selama menjalani seleksi peserta dan panitia agar tetap menjaga protocol kesehatan covid- 19,’’ tegasnya.

Panitia Pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Wawasan dan Kapasitas Pemuda, Hariyadi, melaporkan, PPAN Tahun 2021, Pemerintah Sumatera Barat mendapat kuota peserta sebanyak dua orang, masing – masing 1 orang kenegara mitra pertukaran. Untuk menentukan pemuda yang mewakili Sumbar nanti, panitia pelaksana melakukan seleksi.

 

Sedangkan rangkaian seleksi yang dilalui peserta antara lain, seleksi administrasi yang lolos sebanyak  34 orang, dan mengikuti seleksi tertulis untuk dipilih 20 orang, yang akan menjalani seleksi wawancara lanjutan dalam bentuk karantina selama lebih kurang tiga hari,’’ ujarnya.

 

‘’ tim seleksi berasal dari, Tokoh Pemuda Sumatera Barat, Purna Caraka Muda Indonesia ( PCMI ) Sumatera Barat, dan psikolog.  Materi yang diberikan, pemberdayaan pemuda/ masyarakat, bidang agama/karakter, bidang psikolog / Kepribadian , bahasa inggris, kemampuan komunikasi, bidang seni budaya dan bidang akademik/ tes potensi, akademik serta pantukir oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat,’’ terang Hariyadi.

Sementara Sasaran program PPAN 2018 ini antara lain, Indonesia- Australia ( PPIA )  satu orang putra, dan Indonesia – Singapura ( SIYEP ) satu orang putri,’’ pungkasnya. ( Mul )

 


 

Share Berita :