DISPORA SUMBAR GELAR PELATIHAN PKP ANGKATAN I

BUKITTINGGI, SP...Pemuda agar tidak melupakan peranya sebagai agent of change ( Agen Perubahan), pesan ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Drs.Bustavidia.MM, saat membuka secara resmi kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda (PKP) angkatan I, di Hotel Grand Rocky Bukittinggi, Senin (7/6) malam.

 

Turut hadir pada pembukaan itu, anggota DPRD Sumbar, H.Dodi Delvi,SE, Kepala Bidang Pemuda Dispora Sumbar, Dewita Murni,ST,M.Pd, dan undangan lainnya.

 

Lebih lanjut Kadispora menyampaikan, namun pemuda jangan terpaku dengan peran tersebut, tetapi setelah melakukan perobahan, pemuda harus menjadi pelaku dan berperan dalam berbagai aspek kehidupan, bukan menjadi penerima pesangon seperti halnya seorang agent.

 

Kadispora juga menuturkan, peranan berbagai elemem sangat penting dalam menentukan karakter pemuda  dengan melakukan berbagai upaya. Diantara upaya itu, pemerintah melalui instansi terkait telah menyediakan dan melakukan berbagai pelatihan yang mengacu pada tiga ruang lingkup atau pilar Karena pemuda harus diasah kepribadian agar mampu membangun dirinya dalam arus globalisasi teknologi saat ini,”  ucapnya.

 

“Untuk menjadikan pemuda mampu bersaing dalam arus kecanggihan teknologi, banyak upaya dilakukan pemerintah, yang  mengacu pada tiga ruang lingkup atau pilar yakni, penyadaran pemuda, pemberdayaan , serta pengembangan pemuda,’’ ujar Bustavidia.

 

Disampaikannya, dengan adanya kegiatan pelatihan yang digelar pemerintah melalui dana pokir anggota DPRD Provinsi ini, para peserta khususnya pemuda agar dapat memanfaatkan secara maksimal bukan sekedar ikut- ikutan saja .

 

“kita berharap pemuda yang mengikuti pelatihan hari ini, agar menjalaninya dengan maksimal, dan menerapkannya dilingkungan masing masing. Bagaimanapun tidak semua pemuda yang memperoleh kesempatan untuk mendapat ilmu dari narasumber yang dihadirkan panitia,’’ ungkap Kadispora.

 

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Dodi Delvi, dalam sambutannya  menyatakan, sangat mengapresiasi Dispora Sumbar yang  berperan aktif membangun, serta meningkatkan pengetahuan para pemuda Sumatera Barat dengan menggelar berbagai kegiatan.

“ Kita mendukung penuh kegiatan yang digelar Dispora Sumbar, karena ini merupakan  upaya mencerdaskan bagi para penerus estafet perjuangan bangsa dalam mengisi pembangunan. Kedepan kita upayakan dana pokir yang ada, akan kita realisasikan untuk melaksankan kegiatan ini setiap tahunnya,’’imbuh Dodi. 

 

Panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Dessuer,SE,Ak,M.Ec.Dev menerangkan, kegiatan PKP ini dilaksanakan dalam tiga angkatan dengan jumlah peserta 87 orang. Angkatan I, dilaksankan 7 sampai 10 Juni, angkatan II, 14 sampai 17 juni, dan angkatan III, 21 sampai 24 juni. Sementara untuk angkatan I, diikuti 29 orang.

 

Sedangkan narasumber berasal dari, Dispora Sumbar, DPRD Sumbar, Akademisi, Tokoh Masyarakat, dan Praktisi Pemuda. Dalam hal ini Juara Nasional Pemuda Pelopor utusan Sumatera Barat Tahun 2017 dan Tahun 2018.

“ Kita berharap dari kegiatan ini akan dapat meningkatkan kapasitas pemuda nagari Kabupaten/ Kota. Sehingga berwawasan kontenporer dan berdaya saing, handal, berkarakter dalam mewujudkan pemuda Sumatera Barat yang madani untuk menuju generasi emas 2045,’’ terang Dessuer. ( Mul )

Share Berita :