KADISPORA SUMBAR BUKA KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN ANGKATAN V

BUKITTINGGI, Dispora.sumbarprov.go.id...Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Kadispora ) Sumbar, Dedy Diantolany, S.Sos,MM, didampingi Kabid Pemberdayaan Pemuda, Dewita Murni, buka kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan angkatan V, dengan 20 peserta utusan Kabupaten Padang Pariaman, Senin 6/ 9 malam, di Hotel Novotel, Kota Bukittinggi.

 

Dalam sambutannya Kadispora menyampaikan, Pemuda merupakan sosok masyarakat yang aktif dalam segala bidang dimasyarakat. Pemuda dalam hal ini menjadi motor penggerak bangsa.

 

“bukti sejarah mencatat bahwa perubahan bangsa ini karena dimotori oleh pemuda sebagai garis terdepan dalam menyatukan Negara Republik Indonesia. Pemuda juga, mampu berperan sebagai kontrol sosial, baik dalam pelaksanaan pembangunan maupun mengawal jalannya roda pemerintahan,’’kata Kadispora. 

 

Disampaikannya, bahwa Wawasan kebangsaan mengandung nilai-nilai yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang negara sebagai suatu wilayah kekuatan Negara, penduduk negara sebagai potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang menjadi motivasi dan semangat untuk melakukan hal-hal yang baik bagi kepentingan bangsa dan Negara.

 

“Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada setiap warga negara sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),’’ucap Kadispora.

 

Kadispora juga mengingatkan peserta agar mengikuti kegiatan dengan maksimal dari awal sampai akhir, selain manfaatnya kegiatan ini tidak semua orang yang bisa mendapat kesempatan mengikutinya.

 

‘’kami mengharapkan kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya dan hasilnya agar bisa diterapkan dalam organisasi masing-masing. Disamping itu kami juga mengajak kita semua untuk ikut serta mendorong dan memperkuat komitmen dalam upaya pembangunan  kepemudaan sehingga setiap pemuda memiliki kesadaran untuk selalu mengenal dan memahami jati dirinya dan mereka harus sadar bahwa mereka adalah harapan Bangsa dan Negara kedepannya,’’ ujar Kadispora.

 

Panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Dessuer dalam laporannya menerangkan, kegiatan  dilaksanakan dalam Delapan angkatan, dengan jumlah peserta 160 orang, masing- masing angkatan 20 orang. Angkatan I dilakukan  pada 4- 7 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman. Angkatan II digelar 9 sampai 12 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman, Angkatan III, dilakukan 15- 18 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman Barat, angkatan IV, 24- 27 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman Barat.

 

Kemudian angkatan V,  digelar 6 sampai 9 September, peserta dari Kabupaten Padang Pariaman, angkatan VI, dilakukan 10 – 13 September, peserta berasal dari Kabupaten Padang Pariaman. Untuk angkatan VII peserta berasal dari Kota Pariaman, dilaksanakan 14 sampai 17 September, serta angkatan VIII, digelar 18 sampai 21 September, dengan peserta dari Kota Pariaman.   

      

Sedangkan narasumber yang dihadirkan berasal dari, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, DPRD Sumbar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional Sumatera Barat, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat.

 

“ Dari kegiatan ini kita harapkan, pemuda khususnya peserta dapat memahami tentang arti berbangsa dan bernegara, aspek kewilayahan NKRI, Sistem Ketahannan Nasional, serta dapat tumbuh kesadaran pemuda terhadap peran strategi, dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia,’’ terang Dessuer.

 

Sementara salah satu peserta, Imam Sabrani Yurizal yang berasal dari Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, sangat mengapresiasi Dispora Sumbar yang telah melaksankan kegiatan  Peningkatan Wawasan Kebangsaan.

 

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan yang telah digelar Dispora Sumbar, dan berharap dari kegiatan ini dapat memberikan dan meningkatkan wawasan kebangsaan pemuda khususnya diwilayah Sumatera Barat,’’ pungkas Imam ( Mul )

  . 

 

Share Berita :