Dispora Gelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pramuka Penegak dan Pandega

Lubuk Basung ( Agam ),DS... Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dalam upaya memacu pengembangan kapasitas SDM Pramuka, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Pelatihan ini menjadi kawah candradimuka bagi calon pemimpin bangsa. Tempat menempa generasi muda yang diharapkan akan meneruskan perjuangan bangsa. Dengan pelaksanaan pelatihan ini diharapkan juga lahirnya anggota pramuka yang dapat mengembangkan organisasi kepramukaan. 


Pelatihan ini sendiri dilaksankan di hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung ( Agam ) angkatan II dari 11 sampai 16 Juli. Pelatihan tersebut dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Gusti Anola. 
Dalam sambutannya, Gusti Anola berharap kegiatan ini dapat mewujudkan pemimpin muda yang berintegritas bagi gerakan pramuka Sumbar. "Tentunya kita berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kalian semua untuk masa mendatang, sehingga ilmu yang dibagikan oleh narasumber akan mudah diserap nantinya," kata Nola.


Sementara itu Anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan dalam sambutanya sangat mengapresiasi Dispora Sumbar dalam mengangkat kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu kepemimpinan bagi pemuda khususnya pramuka yang ada di Sumatera Barat .


 "Memimpin diri sendiri lebih sulit ketimbang memimpin orang banyak, maka dengan latihan kepemimpinan ini, hendaknya dapat menambah ilmu kepemimpinan peserta. Tentunya ilmu yang didapat ini dapat ditularkan di daerah kalian masing-masing nantinya," ujarnya. 


Ketua panitia, Yosi Kamelia dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam empat angkatan masing- masingnya selama tiga hari. Tujuan kegiatan mengembangkan potensi peserta menjadi manusia beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.


Selain lain itu tambahnya, kegiatan ini juga untuk meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas tugas kepemimpinan.  
“serta menumbuhkan, meningkatkan, dan memantapkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa " pungkas Yosi. ( Mul )

Share Berita :