Puluhan Kwarran Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pramuka Penegak dan Pandega

LUBUK BASUNG (AGAM), DS... Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Bidang Pengembangan Pemuda, melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega. Pelatihan ini sendiri dilaksankan di hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung ( Agam ) angkatan III dari 20 sampai 23 Juli.


Pelatihan tersebut dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Gusti Anola. Dalam sambutannya dikatakannya bahwa, pelatihan ini menjadi kawah candradimuka bagi calon pemimpin bangsa. Tempat menempa generasi muda yang diharapkan akan meneruskan perjuangan bangsa. Dengan pelaksanaan pelatihan ini diharapkan juga lahirnya anggota pramuka yang dapat mengembangkan organisasi kepramukaan. 


‘’Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dalam upaya memacu pengembangan kapasitas SDM Pramuka,’’Kata Nola
Kedepannya Gusti Anola berharap kegiatan ini dapat mewujudkan pemimpin muda yang berintegritas bagi gerakan pramuka Sumbar. 


" kita berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,  sehingga ilmu yang disampaikan narasumber akan mudah diserap nantinya, dan pastinya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi adik- adik semua untuk masa yang akan datang," kata Nola.


Sementara itu Anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan dalam sambutanya sangat mengapresiasi Dispora Sumbar dalam mengangkat kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu kepemimpinan bagi pemuda khususnya pramuka yang ada di Sumatera Barat .


 "Memimpin diri sendiri lebih sulit ketimbang memimpin orang banyak, maka dengan latihan kepemimpinan ini, hendaknya dapat menambah ilmu kepemimpinan peserta. Tentunya ilmu yang didapat ini dapat ditularkan di daerah kalian masing-masing nantinya," ujarnya. 


Panitia pelaksana, Junaidi, S.Sos dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam empat angkatan masing- masingnya selama tiga hari. Tujuan kegiatan mengembangkan potensi peserta menjadi manusia beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.


Selain itu tambahnya, kegiatan ini juga untuk meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas kepemimpinan.  
“serta menumbuhkan, meningkatkan, dan memantapkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa " pungkas Junaidi.


Peserta pada angkatan III ini berasal dari kwarran Sungai Pua, Tilatang Kamang, Ampek Ankek, Kamang Magek, IV Koto, dan 2 orang dari pengurus DKC.  ( Mul )
 

Share Berita :