Hasil KEJURDA Futsal Se-Sumatera Barat Di Lima Puluh Kota Oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat

Kejuaraan Daerah (Kejurda) merupakan suatu sub kegiatan multi event dan single event yang berada dalam kegiatan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, yang kegiataan ini secara resmi didukung oleh kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat dengan tujuan mempersiapkan dan penjaringan atlit untuk pertandingan yang lebih tinggi. Kadispora Sumbar mengingatkan bahwa kejuaraan adalah ajang pembuktian diri, untuk itu pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya agar prestasi bisa diraih. Kejurda Futsal menjadi salah satu kejuaraan yang ditunggu-tunggu oleh atlit futsal Se-Sumatera Barat.

Olahraga futsal merupakan olahraga versi sepak bola 5 sisi yaitu 1 orang penjaga gawang dan 4 orang pemain outfield. Pencapaian pemain futsal membutuhkan usaha fisik, teknik dan taktik. Seorang pemain futsal perlu memiliki kapasitas daya tahan intermitten yang besar, kemampuan sprint berulang dan power kaki, sedangkan aspek teknis meliputi kemampuan shooting dan passing yang tinggi, kelincahan dan koordinasi (Naser et.,al 2017). Selain itu dalam mewujudkan tujuan permainan futsal sebuah tim harus mampu bermain dengan kerjasama tim yang baik (Mashud dkk.2019).

Kejurda Futsal ini dilaksanakan melalui pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Sumbar yaitu bapak NurKhalis yang dititipkan kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar untuk pelaksanaan Kejurda Futsal di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022. Pembukaan dihadiri langsung oleh bapak Nurkhalis, kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Pengprov PSSI selaku panitia pelaksaan, panitia local dan seluruh peserta. Kegiatan ini sangat didukung oleh bapak Nurkhalis karena secara professional kejurda ini merupakan kejuaraan resmi se-Sumatera Barat dan hal itu jarang dilaksanakan khususnya cabang olahraga Futsal. Oleh karena itu kebanggaan diberikan kepada Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumbar yang telah berhasil melaksanakan Kejurda Futsal di Lima puluh Kota Tahun 2022.

Kejurda Futsal kali ini dilaksanakan di Gor Situjuh Tungka Kabupaten Lima puluh Kota pada tanggal 19,20,21 Agustus 2022.

Kejurda Futsal diikuti sebanyak 24 tim (Klub Balma FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Perseko FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Futsal 50 Kota FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub YFA FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Famly FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub GEMMAL FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub SMAN 1 Situjuah FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub GEMMA FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Harimau Sago FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Padang Kuniang FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub P3S FC di Kab. Lima Puluh Kota, Klub Marvest FC di Kab. Lima Puluh Kota,Klub Hello Monday FC di Kota Payakumbuh, Klub Futsal Payakumbuh FC di Kota Payakumbuh, Klub GEN FC di Kota Payakumbuh, Klub Milanisti Payakumbuh FC di Kota Payakumbuh, Klub Cortunix FC di Kota Payakumbuh, Klub Bintang Selatan FC di Kota Payakumbuh, Klub HLM Futsal FC di Kab.Tanah Datar, Klub Gapdela FC di Kab.Tanah Datar, Klub Futsal Bukittinggi  FC di Kota Bukittinggi, Klub Azra Taru FC di Kota Bukittinggi, Klub Scout Agam FC di Kab. Agam, Klub Bucin FC di Kab. Agam).

Para pemenang mendapatkan hadiah, juara 1 diraih oleh  klub Scout Agam dengan menerima hadiah sebesar Rp. 15.000.000, juara 2 diraih oleh  klub Hello Monday dengan menerima hadiah sebesar Rp. 10.000.000 dan juara 3 diraih oleh klub Futsal Kota Payakumbuh dengan menerima hadiah sebesar Rp. 7.500.000.

Terpilihnya para pemenang menandakan suksesnya pelaksanaan Kejurda Futsal di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022 dan ditutup kembali oleh Bapak Nurkhalis, dengan apresiasi yang luar biasa memberikan rasa kebanggaan tersendiri bagi peserta yang telah mengikuti Kejurda Futsal Tahun 2022 khususnya para pemenang.

Berdasarkan capaian peserta dan teori diatas, pemenang juara 1,2 dan 3 memiliki kemampuan fisik, teknik, taktik serta kerjasama tim yang baik sehingga bisa memaksimalkan pertandingan dan berhasil memperoleh menjadi pemenang pada Kejurda Futsal Tahun 2022 oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar.

Referensi:

Mashud dkk. 2019. Pengaruh Komponen Fisik Dominan Olahraga Futsal Terhadap Teknik Dasar Permainan Futsal. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/gjik

Nazer Nazer, Ajmol Ali, Paul Macadam. 2017. Physical and physiological demands of futsal. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2017.09.001

Share Berita :