“PEMUDA ITU HARUS BERANI” UCAP KADISPORA SUMBAR PADA PESERTA PENDIDIKAN BELA NEGARA 2023

LUBUK SELASIH ( Kab.SOLOK ), DisporaSumbar...Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda, gelar kegiatan Pendidikan Bela Negara, bagi pemuda utusan Kabupaten Kota se Sumatera Barat, 01 sampai 05 Februari 2023, di Pondok Pemuda Lubuk Selasih Kabupaten Solok.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Kadispora ) Provinsi Sumatera Barat Maifrizon. Turut hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sumbar, Dewita Murni, Kabag, Protokoler Biro Adpim Pemprov Sumbar, Adi Pratama dan undangan lainnya.

Dalam sambutanya Kadispora menyampaikan, pemuda khususnya peserta jangan melihat kekurangan yang ada pada saat memasuki lokasi pelatihan, namun dibalik itu percayalah semua pasilitas yang diberikan pemerintah akan ada hasilnya pada saat nanti, bila peserta memanfaatkan dengan maksimal.

‘’ ikuti kegiatan dengan baik, percayalah hasilnya akan bisa bermanfaat pada saat nanti, karena narasumber yang memberikan ilmu merupakan orang- orang berkompeten yang memiliki pengalaman dimasing- masing bidangnya,’’ ucap Kadispora.

Kadispora  juga menyatakan, pemuda agar mampu menempatkan diri dalam menentukan sikap dan berani menentukan arah bangsa menjadi lebih baik. Jangan mudah dipropokasi dan dipropokator oleh siapapun.

“ sekarang ini bukang zaman paksaan, namun pemuda juga jangan sampai kebablasan dalam melakukan tindakan, namun tetaplah memakai norma- norma yang berlaku dalam menentukan sikap,’’ ujar Kadispora.

Terakhir Kadispora mengingatkan kembali, peserta pelatihan bela negara ini, agar  menjalani kegiatan dengan sebaik baiknya, karena tidak semua pemuda mendapat kesempatan mengikutinya, dan setelah kegiatan ini usai, peserta supaya  membagi ilmu dengan membentuk kelompok- kelompok dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh tersebut kepada teman serta masyarakat lingkungan masing- masing ,’’ tambah Kadispora .

Panitia Pelaksana, Dessuer dalam laporannya menerangkan, kegiatan Pendidikan Bela Negara ini diikuti  sebanyak 30 orang pemuda utusan Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat.

Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Forum Bela Negara Sumatera Barat, Korem 032 Wirabraja, BNN Provinsi Sumatera Barat, Tokoh Agama dan Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ) Sumatera Barat,’’ urai Dessuer.

Sementara hasil yang diharapkan, meningkatnya pemahaman peserta akan Bela Negara, juga tentang mengembangkan potensi diri, sehingga pemuda Sumatera Barat mempunyai, kapasitas, karakter dan daya saing.

‘’ kita juga inginkan dari kegiatan ini akan bisa membentuk peran serta pemuda dalam menentukan sikap akan arah perjuangan bangsa dan negara kedepannya. Meningkatnya kapasitas, kualitas, integritas, kreatifitas, daya saing dan wawasan baik nasional maupun internasional para pemuda untuk kemajuan bangsa,’’ pungkas Dessuer  . ( Mul)

Share Berita :