55 Pemuda Ikuti Kegiatan Peningkatan Sumber Daya Kepemudaan PCB

Bukittinggi, DisporaSumbar…55 pemuda ikuti kegitan Peningkatan Sumber Daya Kepemudaan Politik Cerdas Berintegritas ( PCB ) yang diprakasai Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, melalui dana pokir anggota DPRD Sumbar Daswanto.

 

‘’sejarah Indonesia telah menorehkan kontribusi pemuda sebagai pelaku utama perubahan di setiap era perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemuda juga sudah membuktikan dari catatan sejarah, mampu berperan sebagai kontrol sosial dan agen perubahan,’’ kata Daswanto saat membuka kegiatan tersebut, Sabtu 18/ 3.

Lebih lanjut disampaikannya, Baik di dalam pelaksanaan pembangunan maupun dalam mengawal jalannya roda pemerintahan. Pemuda sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa menempati posisi sentral dalam mata rantai kepemimpinan dan pembangunan nasional,” ujar Daswanto.

Dikatakan Daswanto, karena selama ini dibuktikan dengan lahirnya pemimpin-pemimpin muda sebagai kepala daerah, anggota dewan di tingkat daerah maupun nasional. Dan juga membuktikan kaum pemuda memiliki kesempatan yang begitu besar untuk meningkatkan partisipasi politiknya. Di mana Indonesia memberikan hak pilih kepada setiap warga nergara yang telah berumur 17 tahun.

 

 

‘’Maka dalam konteks inilah pentingnya pendidikan demokrasi dan politik menjadi sesuatu yang penting untuk diberikan kepada generasi muda agar pemuda dapat mengendalikan poltik pada nature-nya, yang penuh dengan intergitas, martabat dan lepas dari cangkang korupsi. Untuk  itu dibtuhkan  pemuda yang berkualitas untuk memberantas korupsi. Karena pemuda yang cerdas mampu melaksanakan perpolitikan yang bijaksana sehingga terhindar dari virus korupsi dan perbuatan yang amoral lainnya,’’ujar Daswanto.

 

 

Panitia pelaksana Elvis Martin dalam laporannya menerangkan. Kegiatan dilaksanakan II angkatan, angkatan I, 3 sampai 5 Maret, angkatan II, 18 sampai 20 Maret. Narasumber dari KPK RI, Dispora Sumbar, KPU, Kesbangpol, Kejati, DPRD Sumbar, Mamanto Fani, Dll.

Tujuan kegiatan ini meningkatkan wawasan, kreativitas, kapasitas, kualitas, integritas, daya saing para pemuda, baik nasional maupun internasional untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

‘’Kita harap dari kegiatan ini, dapat meningkatkan peran serta pemuda dalam menentukan sikap dan arah perjuangan bangsa dan negara kedepannya,’’ pungkas Elvis. ( Mul )

 

 

Share Berita :