Dispora Sumbar Gelar Peningkatan Kreativitas Pemuda Angkatan VI Sub Sektor Kriya

BUKITINGGI, hantaran.co – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar, menggelar kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda Angkatan VI Sub Sektor Kriya Tahun 2023 di Hotel Santika Bukittinggi, 2-5 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dibuka oleh anggota DPRD Provinsi Sumbar, H.Syafruddin Putra, Dt Sungguno, didampingi Kepala Dispora Provinsi Sumbar yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dewita Murni, Minggu (2/7).

 

Panitia Pelaksana, Dessuer menyampaikan terima kasih kepada H. Syafruddin Putra Dt. Sunggono, anggota DPRD Sumbar yang telah mengalokasikan dana pokok pikiran (Pokir) untuk kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda Angkatan VI Sub Sektor Kriya Tahun 2023.

“Sesuai dengan maksud Pokir yang beliau berikan, maka kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda Angkatan VI  Sub Sektor Kriya dapat dilaksanakan dengan total peserta berjumlah 54 orang, yang merupakan pemuda kreatif Sumbar. Ini sebagai bentuk perhatian beliau buat daerah pemilihannya, khususnya para pemuda kreatif Sumbar,” kata Dessuer.

Ia menjelaskan, maksud dari kegiatan yang diadakan adalah untuk meningkatkan kreativitas pemuda kabupaten/kota, sehingga menjadi kader pemuda kreatif yang unggul dan berdaya saing, baik ditingkat nasional maupun internasional.

 

Sedangkan tujuannya adalah memfasilitasi peningkatan kreativitas pemuda nagari,  meningkatkan daya saing produk, meningkatkan keterampilan dan jati diri pemuda, sehingga muncul kader-kader pemuda kreatif yang unggul untuk melanjutkan estafet pembangunan ekonomi.

Selanjutnya menyamakan persepsi pemuda akan pentingnya meningkatkan potensi dan kreativitas diri pemuda. Menyiapkan pemuda yang mempunyai kreativitas  dan potensi diri yang berwawasan nasional dan internasional, serta memberdayakan pemuda agar memiliki peluang dan kesempatan untuk kehidupan masa depan.

 

“Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya kreativitas dan daya saing pemuda Sumbar yang unggul dan berdaya saing, baik ditingkat nasional maupun internasional. Meningkatnya kreativitas pemuda nagari yang memahami potensi daerah, dan berkembangnya jiwa kreatif pemuda,” ujar Dessuer.

Kepala Dispora Sumbar melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dewita Murni mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan sejalan dengan salah satu program unggulan Pemprov Sumbar, yakni  mencetak 100 ribu milenial entrepreneur dan women entrepreneur, serta pelaku ekonomi kreatif dalam upaya mencapai Sumbar sejahtera.

 

“Salah satu kegiatan untuk mendukung program unggulan tersebut adalah dengan memberikan pelatihan peningkatan kreativitas pemuda bagi pemuda kreatif Sumbar, agar nantinya pemuda berperan aktif dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif,” kata Dewita.

Anggota DPRD Provinsi Sumbar, H.Syafruddin Putra, Dt Sungguno menyampaikan, kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada generasi penerus bangsa yang tidak lain adalah para pemuda.

Salah satu yang menjadi program unggulan Pemprov Sumbar yaitu  menciptakan 100.000 milenial entrepreneurs, women entrepreneurs dan pelaku ekonomi kreatif.

 

Tujuan dari program unggulan tersebut adalah untuk meningkatkan perekonomian di Sumbar agar terus tumbuh, mulai dari nagari-nagari, usaha mikro dan super mikro, dimana pelaku usahanya adalah dikalangan milenial.

Sejalan dengan hal tersebut ujarnya, maka Pemprov Sumbar melalui Dispora berupaya mewujudkan pencapaian program unggulan itu melalui kegiatan peningkatan kreativitas pemuda, yang pada saat ini merupakan angkatan ke enam untuk Sub Sektor Kriya.

Menurutnya, DPRD bersama Pemprov Sumbar akan terus melakukan langkah-langkah yang inovatif yang dapat mendorong kemajuan dan meningkatkan kemanfaatan pembangunan generasi muda di Sumbar.

 

“Melalui kegiatan ini, mari kita satukan visi dan persepsi sehingga terwujudnya kegiatan yang diharapkan mampu menghasilkan output yaitu lahirnya kader pemuda kreatif yang unggul dan berdaya saing, baik ditingkat nasional maupun internasional,” ujar H.Syafruddin Putra, Dt Sungguno.

Kegiatan peningkatan kreativitas pemuda tersebut menghadirkan narasumber dari unsur DPRD, Dispora, Dinas Koperasi-UKM, DPMPTSP, Motivator Bisnis dan Brand Activator, Pemuda Pelopor Nasional, dan Akademisi.

Gatot/hantaran.co

Share Berita :