Jadi Ajang Penjaringan Atlet, Ratusan Peserta Ikuti Kejurprov Taekwondo Se-Sumbar

SIJUNJUNG, METRO–Ratusan peserta memadati Gor Sibinuang Sakti, Muaro Sijunjung untuk mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Taekwondo se-Sumatra Barat. Kejurprov digelar untuk mengasah kemampuan para atlet serta sebagai upaya penjaringan untuk persiapan Pobnas dan Pra-PON mendatang.

 

Setidaknya, sebanyak 506 atlet taekwondo dari 17 kabupaten/kota di Sumbar berlaga di Kejurprov yang digelar selama lima hari dari tanggal 3 hingga 7 Juli mendatang. Kejurprov Taekwondo tersebut terlaksana berkat kerjasama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar dan Anggota DPRD Sumbar H.Daswanto, SE serta difasilitasi oleh Pemkab Sijunjung.

 

Pembukaan Kejurprov Taekwondo se-Sumbar itu dilaksanakan pada Selasa (4/7) bertempat di Gor Sibinuang Sakti, Muaro Sijunjung.

Dihadiri langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar yang diwakili Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Tasliatul Fuaddi, S.Hut, MH, Anggota DPRD Sumbar, H.Daswanto, Ketua Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Zul Elfial Umar, Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi serta Ketua KONI Sijunjung, Rusdianto.

 

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Tasliatul Fuaddi mengatakan, Kejurprov Taekwondo digelar untuk penjaringan atlet.

“Alhamdulillah, animo masyarakat di Sumbar cukup tinggi untuk ikut Kejurprov kali ini. Karena memang taekwondo banyak diminati masyarakat. Ajang ini kita manfaatkan untuk penjaringan atlet, selain itu untuk mengasah kemampuan para atlet taekwondo,” tutur Tasliatul Fuaddi, pada Selasa (4/7) usai pembukaan.

 

Dikatakannya, Kejurprov terlaksana berkat adanya kerjasama antara Dinas Pemuda Olahraga Sumbar dengan Komisi V DPRD Provinsi. “Kegiatan ini terlaksana melalui pokok pikiran anggota DPRD Sumbar, Daswanto. Kita berharap melalui kegiatan seperti ini bisa terus mengasah dan menambah pengalaman para atlet agar bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi,” terangnya.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar, H.Daswanto, SE menjelaskan, selaku bermitra dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, pihaknya bertekad untuk terus memajukan olahraga Sumbar secara umum, khususnya cabang taekwondo.

 

“Kita berupaya bagaimana olahraga di Sumbar ini bisa berkembang. Di satu sisi, taekwondo ini cukup diminati masyarakat kita di Sumbar. Bahkan ini merupakan cabang yang berprestasi di Sumbar,” ujar Daswanto.

Menurutnya, kemampuan para atlet akan bisa berkembang dan diasah melalui kejuaraan dan iven-iven yang digelar. “Kita komitmen agar kegiatan seperti ini rutin setiap tahun. Sehingga nanti akan muncul cikal bakal atlet kita, sehingga mereka bisa berprestasi di Porprov, PON bahkan di kejuaraan yang lebih tinggi lagi,” paparnya.

 

Anggota DPRD Sumbar Fraksi PAN tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama Pemprov Sumbar dan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir yang telah bekerjasama hingga Kejurprov Taekwondo bisa digelar di Sijunjung.

“Selamat bertanding, selamat belajar dan selamat tumbuh untuk menjadi yang terbaik, jaga kebersamaan dalam berkompetisi, pupuk sportifitas dan hidupkan semangat untuk saling berkolaborasi demi kemajuan olahraga taekwondo di masa depan,” harap Daswanto.

Sementara itu Ketua PBTI Sumbar, Zul Elfian Umar mengatakan, kejuaraan taekwondo di Sumbar menjadi agenda rutin dilaksanakan. “Kita sangat apresiasi dengan terlaksananya Kejurprov ini melalui kolaborasi Pemprov Sumbar dan Anggota DPRD Sumbar. Karena melalui ajang seperti inilah nantinya bakat atlet taekwondo akan muncul,” ungkap Zul Elfian yang juga Wali Kota Solok itu.

 

Pihaknya berharap, dengan rutin digelar kejuaraan taekwondo bisa tetap memberikan hasil yang terbaik untuk Sumbar. “Kita berharap kedepannya cabang taekwondo ini tetap menyumbangkan medali emas untuk Sumbar di ajang PON nanti serta di tingkat yang lebih tinggi, memberikan prestasi untuk Sumbar,” harap Ketua PBTI Sumbar.

Pada Kejurprov kali ini, terbagi dua kategori kelompok yang dipertandingkan diantaranya, untuk kategori umur 14-18 tahun dan kelompok liga untuk anak-anak. “Kita mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh agar Kejurprov ini berjalan sukses dan lancar. Tentunya menambah pengalaman kepada atlet kita untuk lebih baik lagi kedepannya. (ndo)

Share Berita :