SIDAKA (Sistem Database Pramuka)

SIDAKA merupakan Sistem Database Pramuka yang bertujuan untuk menyediakan databsae kepramukaan Provinsi Sumatera Barat yang dapat diakses dengan muda melalui website.

Dalam menajalankan tupoksi pada Bidang Pengembangan Pemuda ditemukan permasalahan dalam penyediaan data Kepramukaan Provinsi. Belum adanya sistem database atau digitalisasi pada data kepramukaan Provinsi Sumatera Barat, sehingga menyulitkan pihak-pihak yang membutuhkan data Pramuka untuk mengakses dan mendapatkan data, mulai dari Kwarda, Kwarcab, Kwarran, Gudep, Data Satuan, dan data-data lainnya.

Dari isu strategis yang terjadi saat ini adalah hal atau kondisi tersebut harus diperhatikan dalam pengumpulan data Kepramukaan untuk jangka panjang, apabila tidak diantisipasi akan menyulitkan pengolahan data dan ketersediaan informasi, serta kemudahan akses data pada Gerakan Pramuka Sumatera Barat. Kondisi sebelumnya, data kepramukaan Provinsi Sumatera Barat hanya dapat diakses melalui Kwarda Sumbar secara langsung maupun oleh pihak internal atau bidang pengembangan pemuda Dispora Prov. Sumbar. Dengan kondisi tersebut, tentu akan mengahambat proses kelancaran informasi dan kemudahan akses data Pramuka. Melalui inovasi SIDAKA(Sistem Database Pramuka) ini Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat dapat memudahkan akses data Pramuka Provinsi Sumatera Barat. Hal ini merupakan penerapan core value ASN pada nilai adaptif dan mencerminkan Smart ASN yang  harus cepat menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan digitalisasi dan memanfaatkan teknologi informasi (IT) yang ada saat ini.

Berikut Link SIDAKA

https://sites.google.com/view/sidaka/home

Share Berita :