Kejuaraan Dayung Antar klub se-kabupaten Pesisir Selatan sebagai sarana pembinaan atlet dan pariwisata

Kejuaraan Dayung Antar Klub di Kabupaten Pesisir Selatan yang berlangsung dari Sabtu (16/12) hingga Minggu (17/12) di Muara TPI Kambang, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, tidak hanya fokus pada pencarian atlet berprestasi, melainkan juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan destinasi pariwisata setempat dan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat. 

Anggota DPRD Sumbar, Zarfi Deson, menyampaikan hal tersebut saat membuka kejuaraan daerah dayung antar klub pada Sabtu (16/12), didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Tasliatul Fuadi, Camat Lengayang, Alpriyendri, dan beberapa tamu undangan lainnya.
“Saya berharap kejuaraan ini selain dapat melahirkan atlet berprestasi, juga bisa mengangkat ekonomi masyarakat, dan destinasi pariwisata Pesisir Selatan khususnya Lengayang,” katanya. 

Dia menyatakan bahwa atlet dayung dari Pesisir Selatan telah meraih prestasi di tingkat Sumbar. Oleh karena itu, melalui kejuaraan ini, diharapkan atlet berprestasi dapat terus meningkatkan prestasinya. 

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap olahraga dayung dan tanggung jawab sebagai anggota DPRD Sumbar, sehingga kita menggelar Kejurda ini di Pesisir Selatan yang berlokasi di Muara TPI Kambang ini. Sebab selain lokasinya bagus, juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata di masa datang,” ujarnya.
Deson menyatakan bahwa tingginya minat masyarakat yang datang untuk menyaksikan Kejurda, bahkan dari luar daerah, dapat terlihat. Dengan harapan bahwa animo masyarakat tersebut akan memberikan dampak positif bagi pedagang kecil dan UMKM di sekitar. 

“Selain itu pemain yang berasal dari luar daerah akan menginap di penginapan yang disediakan oleh masyarakat. Memang kita mengharapkan perputaran ekonomi seperti itu selama Kejurda berlangsung,” harapnya. 

Dia memberikan pesan kepada atlet dayung untuk memberikan performa terbaik dan menunjukkan sikap sportif selama bertanding. 

“Mari jadikan ini sebagai ajang silaturahmi dan kompetisi, dan berharap kejuaraan ini bisa menjadi agenda tahunan, serta lebih ditingkatkan lagi di masa datang,” ungkapnya. 

Kabid Pembinaan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Dispora Sumbar, Tasliatul Fuadi, berharap kejuaraan tersebut dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi bagi masyarakat serta daerah. 

“Event ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian serta pariwisata daerah,”Dia menyampaikan hal tersebut pada Minggu (17/12) saat acara penutupan. Pada kesempatan itu, Fuadi juga memberikan apresiasi terhadap kejuaraan dayung yang didukung oleh dana pokir dari Zarfi Deson. 

Fuadi berharap bahwa melalui kejuaraan tersebut, Pesisir Selatan mampu meningkatkan prestasi dayungnya ke tingkat lebih tinggi. Ia menjelaskan bahwa dalam Kejurda antar Klub tersebut, terdapat 16 klub yang berpartisipasi, dengan 11 klub putra dan 5 klub putri. 

Fuadi juga mengakui bahwa prestasi olahraga dayung tingkat nasional dari Sumatera Barat saat ini belum mencapai hasil optimal. Namun, untuk meningkatkan kemajuan olahraga dayung di Sumatera Barat, langkah awal harus dimulai dari tingkat daerah. Oleh karena itu, Fuadi berpendapat bahwa kompetisi olahraga dayung perlu diperbanyak untuk membangkitkan semangat dalam cabang olahraga tersebut dan menarik minat masyarakat terhadap olahraga dayung. 

“Dalam kejuaraan ini kita menyediakan hadiah berupa bonus dengan total Rp 21,5 juta bagi pemenang putra dan putri,” terangnya. 

Sedangkan hadiah utama terhadap pemenang kita memberikan bonus sebesar Rp 7,5 juta. Selanjutnya untuk juara 2 Rp 6 juta, juara 3 Rp 5 juta, dan juara harapan 1 Rp 3 juta pula. 

“Pada final yang dilakukan hari ini (kemarin red), juara 1 tim putra, diraih oleh Klub Anugerah Cinta, juara 2 Klub Kencana Indah, juara 3 Laskar Pelangi, sedangkan juara harapan 1 diraih pula oleh Klub Dayung Layar Impian,” jelasnya. 

Untuk kategori putri, juara 1 diraih oleh Klub Dayung Darma Carocok Tarusan, juara 2 oleh Barakuda, juara 3 oleh Bintang Samudra, dan juara harapan 1 diraih oleh Klub Nelayan Pasar Gompong. 
“Saya mengucapkan selamat kepada pemenang, semoga melalui Kejurda ini mereka akan termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinya di event yang lebih tinggi nantinya,” harap Fuadi

Share Berita :