WAGUB SUMBAR BUKA PEMUSATAN LATIHAN CALON PASKIBRAKA 2019

PADANG, SP... Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit, membuka secara resmi Pemusatan Pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbar Tahun 2019, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (1/8/2019) malam.

 

Pembukaan pelatihan ditandai dengan pemasangan secara simbolis kartu tanda peserta Paskibraka oleh wakil gubernur kepada satu pasang peserta pelatihan calon Paskibraka.

 

Dalam arahannya Nasrul Abit mengatakan, Paskibraka merupakan orang-orang pilihan terbaik yang diseleksi melalui berbagai tahapan.

 

” sebagai orang pilihan Paskibraka memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, mengibarkan duplikat bendera Pusaka pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  tanggal 17 Agustus," kata Nasrul Abit.

 

Disampaikan juga, banyak manfaat yang dapat diperoleh anggota Paskibraka, di antaranya menjadi lebih disiplin, tepat waktu, fokus pada apa yang dikerjakan, lebih percaya diri, kompak, memupuk jiwa korsa, dan cinta tanah air.

 

"Saya berharap anggota Paskibraka yang terpilih tetap rendah hati dan mampu memotivasi pelajar lainnya. Selain itu, kegiatan pelatihan ini hendaknya dapat menjadi bekal estafet kepemimpinan ke depan," kata Nasrul Abit.

 

Panitia Pelaksana Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Edwarsyah Ramli dalam laporannya menerangkan, peserta pelatihan terdiri atas dua kelompok.

 

Kelompok pertama, yaitu Pasukan 17 dan 8 yang terdiri atas peserta Paskibraka SMA/SMK terpilih pada tahun 2019.

 

" Calon Paskibraka Sumbar terpilih pada tahun ini sebanyak 54 orang terdiri atas 25 putra dan 29 putri," urai Ramli.

 

Pasukan kedua atau kelompok Pasukan 45 terdiri atas anggota Polda Sumbar, Korem  032 Wirabraja, Yonif 133 Wira Sakti, Brimob Polda Sumbar, Lanud Sultan Syahril berjumlah 48 orang dengan dua orang pengawal dari Denpom Padang.

 

Ramli mengatakan, pemusatan latihan ini dimulai dari 1 Agustus 2019 sampai dengan 18 Agustus 2019 khusus Paskibraka dari unsur pelajar.

 

Latihan gabungan akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus sampai dengan selesainya pelaksanaan kegiatan upacara 17 Agustus.

 

"untuk penginapan, peserta dikarantina di Balai Kesehatan Obat dan Makanan Sumbar (BKOM Bapelkes) Gunung Panggilun Padang dari 2 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2019. Untuk latihan akan dilakasanakan di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat," terang Ramli. ( Mul )

Share Berita :