40 PEMUDA IKUTI PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS ORGANISASI KEPEMUDAAN

PADANG, DP... 40 pemuda utusan dari Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, ikuti kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Organisasi Kepemudaan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, di Pondok Pemuda Lubuk Selasih Kabupaten Solok, dari 30 Maret sampai 2 April 2021.

 

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Kadispora ) Sumbar, Bustavidia, didampingi Kabid Pemuda, Dewita Murni. Dalam arahannya Kadispora menyampaikan, peran aktif organisasi kepemudaan agar dapat meningkat di tengah tengah masayarakat, serta jeli melihat arah dan kebijakan pembangunan Daerah. Untuk meraih itu SDM pengurus organisasi agar bisa merespon dengan baik,’’katanya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjadikan organisasi kepemudaan tersebut aktif ditengah masyarakat, dan menyentuh semua kalangan pemuda secara optimal di berbagai bidang peranan berbagai pihak sangat dibutuhkan. Dalam hal ini  bentuk dukungan Pemerintah  salah satunya dengan mengadakan pelatihan.

 

“pelatihan ini merupakan upaya pemerintah mendukung organisasi kepemudaan, sehingga kedepan pemuda mampu mengelola organisasi dengan  menertibkan administrasi dan manajemen organisasi. Sehingga standar mutu organisasi dapat terpenuhi dengan baik,’’ urai Bustavidia.

 

Disampaikan juga, Roadmap pembangunan pemuda, menuju pemuda yang memiliki karakter kebangsaan cerdas dan berdaya saing juga menentukan.

 

“ kita harap konsolidasi organisasi dan membangun kolaborasi di semua jenjang pemerintah, dengan mempergunakan teknologi maju dapat dijalankan oleh pemuda dalam mengelola organisasi,’’ ucap Kadispora.

 

Terakhir Kadispora menekankan, peserta agar mengikuti kegiatan sampai selesai, sehingga ilmu yang disampaikan narasumber dapat diserap secara maksimal.

 

“Kita minta kegiatan ini diikuti dengan baik, dan usai dari pelatihan ini dapat menularkan pengetahuan yang dipelajari, ditengah tengah masyarakat dan khususnya para pemuda,’’tukuk Kadispora.

 

Ketua KNPI Sumbar diwakili Fakhrul Rizal dalam sambutannya, mengapresiasi Dispora Sumbar dalam melaksanakan berbagai kegiatan bagi pemuda Sumatera Barat.

 

" kita merasa berterima kasih pada Dispora Sumbar yang telah melaksanakan berbagai kegiatan bagi pemuda, meski berbeda melaksankan kegiatan pelatihan, namun tujuannya sama, untuk memajukan pemuda Sumbar,'' ungkap Fakhrul. 

 

Ketua Panitia pelaksana, Elvis Martin dalam laporannya menerangkan, peserta pelatihan ini berasal dari unsur pengurus berbagai OKP dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Narasumber dari Korem 032/WBR, Dispora Provinsi Sumatera Barat, MUI Sumatera Barat, Tokoh pemuda dan Tokoh Masyarakat.

Sedangkan hasil yang diharap, terwujudnya peran serta organisasi kepemudaan dalam penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda dalam pembangunan. Meningkatnya kapasitas pengelolaan manajemen organisasi kepemudaan menuju organisasi yang maju, mandiri dan profesional,’’ terang Elvis. ( Mul )

Share Berita :