ATLET PPLP SUMBAR JALANI VO2MAX

PADANG,...Sebanyak 155 atlet dari 12 cabor yang di bina Pusat Pendidikan dan latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Sumatera Barat, jalani tes pisik ( kebugaran ), dari tanggal 21 sampai 22 Desember 2015, yang dilaksanakan di Gor UNP dan PPLP Sumbar.

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan PPLP Sumbar untuk mengetahui sekaligus sebagai acuan bagi Kementerian Pemuda dan Olahraga, sejauh mana perkembangan para atlet yang dibina PPLP Sumatera Barat baik dari segi pisik maupun kemampuan lainnya.

Menurut panitia Pelaksana kegiatan, Kepala seksi Pendidikan dan Latihan UPTD PPLP Sumbar Drs, Maswar, MM, kepada wartawan mengatakn, tes pisik yang dilakukan ini, merupakan bentuk ujian bagi para atlet, dari hasil ujian tersebut kita akan menentukan nilai lapornya.

Lebih lanjut Maswar menyampaikan, bagi lapor atlet yang di nilai jelek dan dibawah standar, kita sebagai pihak pengelola PPLP, secara tegas meminta para pelatih untuk memperbaiki nilai tersebut, baik dengan menambah porsi latihan atau cara- cara lain yang dianggap mampu meningkatkan kemampuan serta pisik atlet.

Selain itu, tes pisik ini disamping bahan evaluasi bagi PPLP Sumbar, juga sebagai data  untuk diberikan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Kemenpora) RI, untuk dievaluasi terhadap perkembangan serta sejauh mana tingkat keberhasilan PPLP Provinsi dalam membina atlet. Seperti diketahui PPLP Provinsi merupakan perpanjangan tangan Kemenpora RI , dalam melahirkan atlet- atlet handal Indonesia,’’ terang Maswar.

Adapun 12 cabor binaan PPLP Sumbar yang mengikuti tes fisik ( kebugaran ) tersebut yakni, Taekwondo, Gulat, Atletik, sepakbola, Pencaksilat, Judo, Sepak Takraw, Karate, Panahan, Balap Sepeda, Tinju dan Senam.

Sedangkan tes pisik yang disampaikan dipandu oleh pelatih, dan staf PPLP Sumbar, sementara   materi tes yang diberikan adalah, tes lari sejauh 20 m, shuttle Run ( Pelenturan), Sit And reach ( Loncat ), Sikap Kayang, Kekuatan Grip ( Pul Push), Push Up (1 menit ), Sit Up ( 2 menit ), Lari 300 m, serta balke Bloep Tes. ( MUL )

Share Berita :