GUBERNUR TABUH POPDA SUMBAR 2021 CABOR ATLETIK

PADANG, SP...Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansyarullah, secara resmi tabuh Pekan Olahraga Pelajar Daerah ( POPDA ) Sumbar Tahun 2021 Cabang Olahraga ( Cabor ) Atletik, Senin, 14/ 06, di GOR Haji Agus Salim Padang. Kegiatan yang diprakasai Dinas Pemuda Dan Olahraga  ( Dispora ) Sumbar ini, diikuti ratusan atlet Persatuan Atletik Seluruh Indonesia ( PASI ) Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat.

 

Dalam arahannya Gubernur menyatakan, olahraga berhubungan dengan manusia, selain latihan serta sarana, perasaan harus juga dapat dijaga, dan nantinya prestasi akan menyusul sendiri. “Kalau perasaan para atlet bisa dijaga, kita yakin presatasi akan dapat diraih dengan  maksimal,’’ kata Gubernur.

Namun Gubernur tetap menegaskan, persiapan maksimal dengan latihan keterampilan untuk pembiasaan diri lebih utama dari sekedar menekuni teori dalam meraih prestasi. “mustahil tanpa latihan atlet akan dapat bersaing dalam sebuah pertandingan,’’ ujar Gubernur.

 

Gubernur juga menuturkan, POPDA merupakan ajang pembuktian bagi atlet untuk menjadi yang terbaik mewakil Sumatera Barat pada POPNAS nanti. “ hanya yang terbaik bisa mewakili Sumatera Barat pada iven Nasional nantinya, karena itu bertandinglah dengan maksimal dengan mengedepankan sportivitas,’’ tegas Gubernur menyemangati.

 

Panitia pelaksana, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, H.Bustavidia dalam laporannya menerangkan, POPDA cabor atletik dilaksanakan 14 sampai 17 Juni 2021 dengan penerapan protokol Covid-19. Peserta diikuti 191 orang dari 15 Kabupaten dan Kota, min Kabupaten Mentawai, Kabupaten Pariaman, Kota Pariaman,  dan Pesisir Selatan. Dengan rincian putra sebanyak 106 orang dan putri sebanyak 85 orang.

 

Kelas yang dipertandingan sebanyak 30 kelas, 15 belas perorangan untuk nomor putra dan 15 belas kelas perorangan nomor putri. Juara 1, 2, serta 3, pada nomor perorangan putra dan putri akan diberi hadiah berupa medali dan sertifikat.

“ Daerah yang meraih medali emas terbanyak akan ditetapkan sebagai juara umum I, II, dan III, akan memperoleh piala/ tropi tetap dari Pengprov PASI Sumatera Barat. Kemudian diberi hadiah berupa uang pembinaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dengan nominal: Juara umum I, Rp. 15.000.000, Juara umum II, Rp.10.000.000, dan juara umum III, Rp. 7.500.000.,’’ terang Bustavidia. 

 

Ketua umum PASI Sumbar, Sengaja Budi Syukur dalam sambutannya, menyatakan terima kasih pada Pemerintah ( Dispora ) Sumbar, yang telah mempasilitasi cabor PASI dalam menggelar berbagai kegiatan dan iven kejuaraan .

“ kepercayaan dan pasilitas ini tentu akan kami ( PASI-red) bayar dengan torehan prestasi. Kedepan kami akan terus memberikan yang terbaik untuk Sumatera Barat,’’ ujar Budi Syukur.

 

Budi Syukur juga, memaparkan berbagai prestasi yang telah diraih PASI Sumbar. Salah satunya pada POPNAS XV 2019 di Jakarta kontingen Sumbar berada pada peringkat 8 dari 34 Provinsi, dengan torehan 7 emas, 8 perak, dan 16 perunggu.

“ Dimana pada torehan tersebut, cabor Atletik telah menyumbang medali, 2 emas, 2 perak dan 5 perunggu,’’ pungkas Budi.  

 

Pada kesempatan itu Gubernur juga melepas pertandingan final pertama nomor lari 1000 meter putri dan sekaligus mengalungkan medali bagi para pemenang.

Hadir pada pembukaan itu, Ketua KONI Sumbar, Agus Suardi, Sekretaris Dispora Sumbar, Hj.Yulfina,  Kabid SLB Dinas Pendidikan Sumbar, Joko Purnomo, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Sumbar, Tasliatul Fuaddi, Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Sumbar, Rasydi Sumetry, Kabid Pemuda Dispora Sumbar, Dewita Murni, pejabat dan undangan lainnya. ( Mul )

 

 

  

Share Berita :