DISPORA SUMBAR GELAR KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN

BUKITTINGGI, SP...Sebanyak 20 pemuda utusan Kabupaten Pasaman, ikuti kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan yang di gagas Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar melalui dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, dari 4 sampai 7 Juli.

Kegiatan dibuka Kadispora Sumbar, H. Bustavidia, didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dewita Murni, Minggu 4/ 7 di Hotel Green Rokcy, Kota Bukittinggi.

Dalam sambutannya Kadispora menyampaikan, tujuan pemerintah melalui Dispora Sumbar mengadakan kegiatan ini, salah satunya sebagai penguatan uu 40 tentang kepemudaan, dalam mempersiapkan kader bangsa yang handal, memiliki sikap optimis, serta untuk membangun karakter unggul di masa depan.

“ Meningkatkan wawasan kebangsaan sangat penting bagi pemuda, pemuda yang baik memiliki pribadi jujur, serta memiliki karakter yang kuat ( Berintegritas ), dalam melanjutkan kelangsungan hidup bernegara,’’ kata Kadispora.

Dikatakannya bahwa dalam memaknai Wawasan Kebangsaan, tidak harus memulai dari hal- hal yang besar, hal yang kecil seperti mengajak teman untuk penguatan pemahaman wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak bagi kelompok pemuda itu sendiri.

“ sekedar mengetahui wawasan kebangsaan untuk diri sendiri itu belum disebut  memaknai wawasan kebangsaan, dibalik itu kita harus berperan aktif menyampaikan dan menularkan pengetahun tersebut  pada teman dilingkungan kita. Dengan demikian sebagai penerus bangsa pemuda tidak melupakan perannya. Sehingga dia akan  mampu bersaing dalam derasnya arus globalisasi untuk memajukan bangsa kedepannya,’’ urai Bustavidia.

Selain itu Bustavidia juga mengingatkan, peserta agar mengikuti kegiatan dengan maksimal dari awal sampai akhir kegiatan.

“ Kita berharap peserta agar menjalani kegiatan ini sampai tuntas, karena narasumber yang memberi materi merupakan orang- orang yang mempuni dibidangnya, dan usai kegiatan peserta supaya dapat menyampaikan ilmu tersebut kepada pemuda lainnya sehingga dapat mewarnai wawasan pemuda Kabupaten khususnya dan Sumbar umumnya’’ harap Bustavidia.

Panitia pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Dessuer dalam laporannya menerangkan, kegiatan  dilaksanakan dalam Delapan angkatan, dengan jumlah peserta 160 orang, masing- masing angkatan 20 orang. Angkatan I dilakukan  pada 4- 7 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman. Angkatan II digelar 9 sampai 12 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman, Angkatan III, dilakukan 15- 18 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman Barat, angkatan IV, 24- 27 Juli, peserta dari Kabupaten Pasaman Barat.

Kemudian angkatan V,  digelar 3 sampai 6 Agustus, peserta dari Kota Pariaman, angkatan VI, dilakukan 11 – 14 Agustus, peserta berasal dari Kota Pariaman. Untuk angkatan VII peserta berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, dilaksanakan 18 sampai 21 Agustus, serta angkatan VIII, digelar 22 sampai 25 Agustus, dengan peserta dari Kabupaten Padang Pariaman.          

Sedangkan narasumber yang dihadirkan berasal dari, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, DPRD Sumbar, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional Sumatera Barat, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat.

“ Dari kegiatan ini kita harapkan, pemuda khususnya peserta dapat memahami tentang arti berbangsa dan bernegara, aspek kewilayahan NKRI, Sistem Ketahannan Nasional, serta dapat tumbuh kesadaran pemuda terhadap peran strategi, dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia,’’ terang Dessuer. ( Mul )

  .  

Share Berita :