KADISPORA BERI MATERI PADA KEGIATAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA TINGKAT MENENGAH

TANAH DATAR,...Pagi ini Selasa tanggal 28 Juni 2022 Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Sumatera Barat (Bpk. Dedy Diantolani, S.Sos.,MM) mewakili Gubernur Sumatera Barat memenuhi undangan menjadi narasumber pada acara Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa tingkat Menengah (PKMM) yang bertemakan "From Hero to Legend" dengan materi yang berjudul 'Hakikat Kepemimpinan dan Penerapan Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW di Era Demokrasi.  Kegiatan ini dilaksanakan di Batusangkar oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar.

Dalam penyampaian materi, Kadispora Prov.  Sumbar menyampaikan Kepemimpinan dalam Islam mengajarkan bahwa tujuan dan tugas utama seorang pemimpin adalah untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan menjalankan sunnah nabi Muhammad SAW. Para mahasiswa yang merupakan pemuda generasi penerus cita-cita bangsa diharapkan mampu menjadi pemimpin yang menteladani kepemimpinan Rasulullah. Selanjutnya Kadispora juga menjelaskan kenapa Rasulullah bisa sukses sebagai pemimpin, hingga sampai saat ini umat Islam bisa bersatu dibawah panji-panji agama. Adapun sifat kepemimpinan yang mesti kita tauladani dari Rasulullah yaitu :

Shiddiq, kebenaran dan kesungguhan dalam bersikap, berucap dan bertindak didalam melaksanakan tugasnya,

Amanah, kepercayaan yang menjadikan beliau memelihara dan menjaga sebaik-baiknya apa yang diamanahkan Allah SWT kepadanya

Fathonah, kecerdasan, cakap dan handal

Tabligh, menyampaikan dan mengabarkan secara jujur

Pada kesempatan terakhir, Kadispora menyampaikan bahwa setiap orang terlahir sebagai pemimpin, namun sebagian orang takut, sebagiannya menghindar dan sisanya sukses.  Jadilah kuat dan sadarilah bahwa kita adalah pemimpinan, minimal pemimpin untuk diri kita sendiri. Harapannya semoga kegiatan PKMM ini bisa mewujudkan dan menerapkan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW di Era Demokrasi ini.( Des )

Share Berita :