Kadispora Sumbar Buka Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pramuka Penegak dan Pandega

Lubuk Basung ( Agam ), Sumbarpro.com...Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, Dedy Diantolani, resmi buka Pelatihan Kepemimpinan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, angkatan IV. Selasa, 26/ 07/ 2022, di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung ( Agam )


Dalam sambutannya Kadispora, menyampaikan, pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Dalam upaya memacu pengembangan kapasitas SDM Pramuka.


“ Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga terus melakukan upaya yang lebih baik, salah satunya melaksanakan pelatihan ini. Dimana kegiatan ini merupakan kawah candradimuka bagi calon pemimpin bangsa. Tempat menempa generasi muda yang diharapkan akan meneruskan perjuangan bangsa,’’ kata Kadispora.


Diharapkannya dengan pelaksanaan pelatihan ini akan lahir anggota pramuka yang dapat mengembangkan organisasi kepramukaan kedepannya.
“ kita berharap dengan kegiatan ini akan lahir anggota pramuka yang dapat mengembangkan organisasi kepramukaan yang lebih baik. Untuk itu ikuti kegiatan ini dengan maksimal karena narasumber merupakan orang orang yang berpengalaman dibidangnya,’’ harap 


Sementara itu anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan sangat mengapresiasi Dispora Sumbar dalam mengangkat kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu kepemimpinan bagi pemuda khususnya pramuka yang ada di Sumatera Barat .
 "tidak semua orang bisa menjadi pemimpin,  untuk menjadi pemimpin butuh proses, salah satunya  dengan  menjalani pelatihan, seperti pelatihan kepemimpinan ini. Untuk itu peserta agar dapat menjalani dengan baik, karena juga akan menambah ilmu kepemimpinan peserta nantinya. Tentunya ilmu yang didapat ini hendaknya dapat ditularkan di lingkungan masing-masing ," ujarnya.

 
Ketua panitia, Yosi Kamelia dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam empat angkatan masing- masingnya selama tiga hari. Untuk angkatan IV ini peserta berasal dari  kwarcab Kota Bikittinggi sebanyak 30 orang.


Narasumber berasal dari, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, dan Akademisi. 
Tujuan kegiatan mengembangkan potensi peserta menjadi manusia beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.


Disampaikan juga, bahwa kegiatan ini bertijuan untuk meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas tugas kepemimpinan.  
“ kita berharap kagiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta, seperti menumbuhkan, meningkatkan, dan memantapkan kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa " terang Yosi. ( Mul )
 

Share Berita :