30 Pemuda ikuti Kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda

Lubuk Selasih ( Kabupaten Solok ), Sumbarpro.com...Sebanyak 30 pemuda ikuti Kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda, yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda. Kegiatan yang merupakan angkatan II dengan sub sektor Kriya ini dibuka, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga ( Sekdispora ) Sumbar, Alfiandri, mewakili Kepala Dinas, Rabu, 15/ 02/ 2023, di Pondok Pemuda Lubuk Selasih, Kabupaten Solok.

Turut hadir pada pembukaan itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sumbar, Dewita Murni, Instruktur dari Korem 032 Wirabraja Sumbar, Ridwan, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Alfiandri menuturkan, Dinas Pemuda dan Olahraga bertekat melakukan langkah- langkah yang inovatif untuk mendorong kemajuan dan meningkatkan kemanfaatan pembangunan generasi muda Sumatera Barat.

‘’ Keterbukaan informasi menuntut penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan, melahirkan pemuda –pemuda yang kreatif, inovati dan berdaya saing, sehingga tidak mustahil kemajuan itu dapat segera diwujudkan di Provinsi Sumatera Barat, terutama pembangunan kepemudaan kedepannya,’’ kata Alfiandri.

Dikatakannya, Dispora Sumbar sepenuhnya mendukung program unggulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ‘Menciptakan 100.000 Milenial Entrepreneurs, women entrepreneurs dan pelaku ekonomi kreatif, dengan tujuan meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat terus tumbuh, mulai dari nagari-nagari, usaha mikro dan super mikro dimana pelaku usahanya adalah dikalangan milenial.

 ‘’ pelatihan Peningkatan Kreativitas Pemuda, merupakan salah satu upaya mendukung program unggulan (progul) pemerintah. Ini program yang sangat bagus karena pada umumnya kita masyarakat Sumbar memiliki jiwa pedagang, dan wirausaha yang tinggi,’’ ujarnya.

Harapannya seluruh pemuda harus terampil dan juga memiliki kesempatan sama untuk merebut setiap peluang ekonomi yang ada di negara kita, tidak terkecuali di
Provinsi Sumatera Barat ini. Karena itu, pemuda juga harus dapat mengubah sebuah tantangan tersebut menjadi peluang dan kesempatan emas, agar setiap peluang ekonomi di daerah ini, pertama dan utamanya dapat diambil oleh generasi muda di
daerah ini sendiri,’’ ucap Alfiandri.

Alfiandri juga mengingatkan melalui Kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda ini
 peserta agar mengikuti dengan baik, karena narasumber merupakan orang ahli dibidangnya.

‘’kita harap semua peserta agar maksimal menjalankan pelatihan ini, sehingga nantinya mentransfer ilmu yang diperoleh pada pemuda lain sebagai aksi nyata sosok generasi muda yang kreatif, mandiri, berkarakter, inovatif serta dapat memenangkan dan menjadi pemenang dalam setiap kompetisi,’’ tukuk Alfiandri.

Panitia pelaksana, Dessuer dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dua angkatan, masing- masing angkatan selama tiga hari. Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan kreativitas pemuda Kabupaten/ Kota, sehingga menjadi kader pemuda kreatif yang unggul dan berdaya saing baik ditingkat nasional maupun internasional.

 

“narasumber berasal dari, Dispora Sumbar, Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Balai Besar POM Padang, Kanwil Kemenag Sumbar, Dinas Koperasi Uasaha Kecil dan Menengah Sumbar, Dinas Kesehatan Sumbar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pemuda Kreatifitas Sumbar, Motivator dan Brand Activator,’’ pungkas Dessuer.

 ( Mul )

 

Share Berita :