Kadispora Sumbar Buka Secara Resmi Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2023

Padang, DisporaSumbar...Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Drs. Maifrizon, M.Si, membuka secara resmi seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tahun 2023 tingkat provinsi dan nasional Selasa (9/5/2023).
di Aula Gedung Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat dan Pelatihan Kesehatan Dinkes (Bapelkes) Provinsi Sumatera Barat, Jalan Gajahmada komplek Kesehatan Gunung Pangilun.

 

Turut Hadir pada pembukaan itu, Kepala Kesbang Pol, Bapelkes, Kabid Pengembangan Pemuda, Gusti Anola, tim seleksi dari TNI/ Polri  perwakilan BPIP Pusa Yelfi, serta para panitia seleksi dan undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Kadispora menyampaikan, dalam seleksi calon paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional yang akan dilaksanakan selama 3 hari nanti, pihak Dispora tidak mempunyai kepentingan apa-apa, nantinya yang dipilih murni oleh juri dan tim seleksi, pastinya yang dipilih itu adalah orang-orang yang betul- betul punyai kemampuan diatas rata- rata, serta baik dari yang terbaik,” katanya.

 

“kita yakinkan selama proses seleksi nanti tidak ada setingan dan interpensi dari pihak manapun, mereka yang terpilih merupakan hasil dari penilaian tim seleksi, dan kegiatan ini juga diawasi langsung oleh ibuk Yelfi dari BPIP pusat, ” ucap Maifrizon.

 

Kadispora juga menyatakan bahwa di Kabupaten/ Kota atau di Provinsi lain, yang mengelola kegiatan Seleksi Paskibraka ini, sudah dilakukan Dinas Kesbang Pol, tetapi kalau di Sumbar ini masih dilaksanakan Dispora Sumbar, yang juga melibatkan atau bekerjasama dengan Kesbang Pol dan tetap diawasi oleh BPIP Pusat,” ujarnya.

 

Diakuinya bahwa masalah dana kegiatan yang saat ini cukup minim dari tahun- tahun sebelumnya

” kita akui masalah anggaran kegiatan ini cukup minim, namun itu semua bukan menjadi alasan buat kita untuk tidak bisa sama dengan tahun yang lalu, atau lebih baik dari tahun lalu,” urai Maifrizon optimis.

 

Panitia pelaksana, Della Handayani, dalam laporannya menerangkan, Seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi dan Nasional ini diikuti oleh 18 Kabupaten/Kota, dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang siswa/i setingkat SMA.

 

“Dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat ini, hanya satu kabupaten yang absen, yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan ini tidak diketahui apa alasan tidak mengikuti seleksi Paskibraka tahun ini.

 

Kegiatan seleksi paskibraka ini, dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai hari ini Selasa tanggal 9 sampai dengan Jum’at tanggal 12 Mei 2023 depan.

Nanti sebanyak 70 orang siswa/i peserta yang mengikuti seleksi paskibraka ini, tinggal hanya 54 orang siswa/i lagi, kemudian dari 54 orang tersebut , 2 orang siswa/i diantaranya dipilih untuk Nasional, utusan dari Provinsi Sumatera Barat.

 

Kemudian lanjutnya, setelah 54 orang siswa/ i ini dinyatakan lulus seleksi, kemudian pada tanggal 5 Agustus 2023 nanti, 52 sudah mulai digambleng ditingkat Provinsi dan 2 orang ditingkat Nasional,’’ pungkas Della.

Selanjutnya setelah Kegiatan Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Tahun 2023 ini dibuka secara resmi oleh Kadispora Provinsi Sumatera Barat, Drs. Maifrizon, M.Si, maka para peserta dan undangan tamu yang hadir melaksankan poto bersama. ( Mul )

 

 

 

Share Berita :