Maifrizon: Sebagai Kader Wawasan Kebangsaan Pemuda Sangat Penting Untuk Di Tingkatkan

Lubuk Selasih ( Kab.Solok ),...Mengingat pentingnya peran generasi muda dalam keberlangsungan hidup bernegara maka program – program yang sifatnya menstimulus ketertarikan pemuda tentang aspek Kebangsaan dirasa relevan dan mendesak sifatnya. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Pemuda se-Sumatera Barat Angkatan I (pertama) Tahun 2023.

 

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Kadispora ) Sumbar, Maifrizon, Kamis, 18/05/2023, di Pondok Pemuda Lubuk Selasih Kabupaten Solok. Dalam sambutannya Kadispora Mengatakan, pemuda sebagai kader bangsa sangat penting peran dan keberadaannya terhadap kelangsungan masa depan bangsa.

 

“peranan pemuda begitu penting untuk kelangsungan masa depan bangsa, karena itu wawasan kebangsaan pemuda harus terus ditingkatkan.Pelatihan ini merupakan salah satu wadah untuk hal itu,’’ kata Kadispora.

 

Diteruskannya, dengan meningkatnya wawasan kebangsaan pemuda otomatis akan menjadi kader bangsa yang hadal, berkarakter dan memiliki sikap optimis terhadap masa depan bangsa yang dilandasi rasa  cinta tanah air,’’ucapnya.

 

‘’untuk itu peserta agar mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, karena banyak ilmu yang dapat diserap dari para narasumber yang dihadirkan panitia,’’ tukuk Maifrizon.

 

Panitia penyelenggara, Rosfian, menerangkan, kegiatan dilaksanakan dalam dua angkatan, angkatan I dari 18- 21 Mei, angkatan II 4- 7 Juni. Peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari 19 Kabupaten/ Kota se- Sumatera Barat.

“ Narasumber berasal dari Dinas Pemuda dan Olahraga, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Badan Kesbangpol Sumbar, BNN Sumbar, Korem 032 Wirabraja Sumbar, Tokoh Agama, dan Pemerhati Pemuda, serta Akademisi,’’ urai Rosfian.

 

Sedangkan tujuan kegiatan, menyiapkan pemuda sebagai pemimpin masa depan bangsa, menyiapkan pengetahuan pemuda mengenai grand design kebijakan pertahanan, keamanan, ekonomi, budaya, dll.

 

‘’ juga mewujudkan pemuda sebagai kader unggul dalam kepemimpinan untuk melanjutkan estafet pembangunan masa depan. Mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah,’’ pungkas Rosfian. ( Mul )

 

 

 

Share Berita :