Kak Maigus Nasir: Peserta Agar Jalani Pelatihan Kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega Dengan Baik

Padang Panjang, Sumbarpro.com...Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar menggelar pelatihan kepemimpinan pramuka penegak dan pandega peningkatan kapasitas SDM Pramuka Provinsi di Mifan Padang Panjang Senin (11/7/2023). Pelatihan tersebut dibuka Kak Maigus Nasir, yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumbar. Turut didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar, Gusti Anola.

 

Dalam sambutannya, Gerakan pramuka sebagai organisasi kepanduan harus mampu memerankan diri sebagai penyelenggara pendidikan kepramukaan sesuai dengan yang diamanatkan dalam uu nomor 12 Tahun 2010. Karena itu dia berharap kegiatan ini dapat mewujudkan pemimpin muda yang berintegritas bagi gerakan pramuka Sumbar.

“Tentunya kita berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena kegiatan ini sangat bermakna bagi kalian

semua untuk masa mendatang, dengan mengikuti dengan serius ilmu yang dibagikan oleh narasumber akan mudah diserap nantinya,” kata Maigus politikus PAN ini.

 

Dia menambahkan, gerakan pramuka sebagai organisasi Kepanduan harus mampu memerlukan diri sebagai penyelenggara pendidikan kepramukaan.

Lebih lanjut Maigus Nasir mengaku sangat mengapresiasi Dispora Sumbar dalam mengangkat kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah ilmu kepemimpinan bagi pemuda khususnya Pramuka yang ada di Sumatera Barat .

 

“Memimpin diri sendiri lebih sulit ketimbang memimpin orang banyak, maka dengan latihan kepemimpinan ini, hendaknya dapat menambah ilmu kepemimpinan peserta. Tentunya ilmu yang didapat ini dapat disalurkan ke daerah kalian masing-masing nantinya,” urai Maigus

 

Ketua panitia, Randy Nanda Dwinata dalam laporannya menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan dari 11 sampai 13 Juli 2023, peserta yang mengikuti kegiatan ini 60 orang utusan kwarcab se Sumatera Barat, yang merupakan pramuka penegak dan pandega berusia 16-25 tahun dari 19 kabupaten dan kota.

 

Materi yang disajikan selama pelatihan adalah materi yang terkait dengan upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khususnya pramuka penegak dan pandega.

‘’ diharap pelatihan ini menjadi kawah candradimuka bagi calon pemimpin bangsa. Tempat menempa generasi muda sebagai anggota pramuka yang dapat mengembangkan organisasi kepramukaan untuk meneruskan perjuangan bangsa,’’ pungkas Randi. ( Mul )

Share Berita :